Selasa, 19 Mei 2009

Optimalisasi Prosedur Pembuatan Skripsi

Cara mengoptimalkan prosedur pembuatan skripsi adalah sebagai berikut:

Bab 1. Pendahuluan
Jika proposal anda telah dibuat dengan menyeluruh, maka bagian Bab 1 dapat dikatan sudah selesai. Yang perlu diperhatikan adalah, anda perlu memperlakukan Bab 1 anda selayaknya sebuah "Kontrak" yang mengikat anda untuk menyelesaikan apa yang anda janjikan dalam 6 bulan.

Pastikan anda pada saat membaca bab 1 anda, memahami betul apa yang anda akan buat, dan test dengan memberikan bab 1 anda kepada orang lain dan lihat apakah mereka paham apa yang anda akan buat.

Pikirkan 2 kata-kata ini pada saat anda menyusun bab 1/proposal dari skripsi anda, yaitu:

MENARIK dan REALISTIK. Ukur kemampuan anda dengan benar dan ukur masalah yang anda hadapi dengan benar, agar periode pembuatan skripsi yang merupakan matakuliah yang paling penting dan paling berguna selama sekian tahun anda kuliah, dapat benar-benar memberikan pengalaman yang maksimal pada anda dan menantang diri anda, serta dapat selesai tepat waktu..

Bab 3. Analisa System
Berisi analisa dari sistem berjalan, dan requirement dari sistem yang akan dibangun.
Isi dari bab 3 sangat bergantung pada jenis dan topik skripsi anda.
Apabila skripsi anda berupa Observasi, maka bagian ini merupakan "Rancangan Quesitonaire & Rencana Sampling".

Bab 4. Perancangan Sistem
Berisi perancangan dari sistem yang anda usulkan, dan (jika perlu dan mungkin) evaluasi dari hasil implementasinya.
Isi dari bab 4 sangat bergantung pada jenis dan topik skripsi anda.
Apabila skripsi anda berupa Observasi, maka bagian ini merupakan "Hasil Analisa & Pembahasan".

Varian dari bab 3 dan 4 yaitu dengan merubah bab 3 menjadi "Analisa dan Perancangan" yang merupakan gabungan dari bab 3 dan 4 dan kemudian melangkah lebih jauh dengan menambahkan bagian "Implementasi dan Evaluasi" sebagai bab 4. Jika anda tidak merasa pasti dan jka skripsi anda tidak memerlukan tahap evaluasi, tidak disarankan untuk mengambil varian ini karena cenderung memakan waktu lebih lama.

Bab 2. Landasan Teori

Bab 2 tidak akan pernah selesai sebelum bab 4 anda selesai ditutup, karena semua teknik analisa ataupun perancangan yang anda gunakan perlu dilandasi pada bab 2. Karenanya jangan pernah berhenti mengumpulkan kutipan dari berbagai sumber untuk senantiasa melengkapi bab 2 anda. 80% dari bab 2 merupakan kutipan, baik kutipan langsung ataupun tidak langsung (untuk cara melakukan kutipan ikuti link berikut).

Perhatikan sumber kutipan anda, surat kabar/sumber-sumber populer lainnya dan website yang tidak terjamin kredibilitas akademis nya tidak dapat dijadikan sumber kutipan, walau diperbolehkan untuk menjadi sumber pendukung yang tidak didaftarkan di daftar pustaka.

Jika anda membaca/mengutip/melanjukan penelitian dari skripsi/thesis/hasil karya ilmiah orang lain, maka anda wajib mencantumkan skripsi/thesis/hasil karya ilmiah tersebut di daftar pustaka anda.

Pikirkan satu kata ini pada saat anda membuat bab 2 skripsi anda, yaitu KOKOH. Bab 2 skripsi anda harus kokoh, solid dan dapat dipertanggungjawabkan. Ia adalah salah satu sandaran batu anda pada saat sidang nanti.

Bab 5. Kesimpulan & Saran

Pastikan bahwa semua kesimpulan anda adalah kesimpulan yang spesifik, adalah tidak bermutu untuk menyimpulkan sesuatu yang general seperti "... lebih baik", anda perlu menjelaskan kenapa anda simpulkan lebih baik, jika ada hasil evaluasi maka tampilkan dalam bentuk summary atau sebutkan dalam hal apa lebih baiknya.

Kesimpulan juga harus bersifat tertutup dan langsung atas ruang lingkup skripsi anda, anda tidak bisa menyimpulkan hal yang ada di luar ruang lingkup anda, jika diperlukan, maka anda harus meluaskan ruang lingkup anda. Serta tidak bisa anda menyimpulkan hal yang bukan merupakan dampak langsung dari rancagnan anda, jika perlu, maka perlu dijelaskan bagaimana rentetan pengaruhnya sehingga anda menyimpulkan demikian.

Pikirkan satu istilah ini pada saat anda membuat bab 5 bagian kesimpulan, yaitu NO LOOSE ENDS. Pastikan tidak ada Ruang Lingkup yang anda langgar, tidak ada Tujuan yang tidak tercapai, dan tidak ada Manfaat yang tidak terbuktikan. Jika ada, maka anda harus mempersiapkan penjelasan mengapa hal itu terjadi, atau jika tidak jauh perbedaannya maka anda perlu melakukan revisi atas bab 1 anda.

Pada saat membuat bagian Saran, maka kata kunciny adalah SINCERE, bagian ini adalah menjadi salah satu penilaian tentang visi anda terhadap yang anda buat. Bagian saran yang asal bunyi menunjukkan and tidak serius melaksanakan dan tidak serus terhadap idea dari skripsi anda sendiri sehingga anda tidak dapat menyarankan perkembangan selanjutnya.

Pada tahap ini tujuan anda adalah ingin mendapatkan masalah utama yang cukup solid yang selanjutnya akan menjadi inti dari seluruh skripsi anda.

Masalah dapat diambil dari studi kasus, idea pengembangan atau dari observasi.

Opsi 1. Studi Kasus Adalah bila anda mencari orgnisasi atau perusahaan yang anda dijadikan "focus pencarian masalah". Cari hubungan dengan lebih dari satu perusahaan dan secepatnya lakukan pengamatan lapangan / interview.

Karena belum tentu setiap perusahaan yang anda pelajari akan cocok dengan topik yang menjadi minat anda, dan perusahaan yang memiliki masalah yang cocok dengan minat anda belum tentu bersedia membukakan pintu bagi anda. Hubunan relasi dengan salah
satu "orang dalam" dari perusahaan menjadi asset anda dalam mencari hubungan dengan perusahaan itu.

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More